Musykilātu Al- Mu`allim `alaTa`līm Al-lughah Al-`arabiyyah Bi’ibril Intirnit Bī MtsS MIM Langsa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. penelitian ini membahas tentang Problematika Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di MTsS MIM Langsa selama masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kelas daring dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan di MTsS MIM Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab selama pandemi covid-19 berlangsung secara daring atau online, yaitu guru menyiapkan RPP, smartphone, buku dan media lainya, pelaksanaan pembelajaran guru menyampaikan materi, melakukantanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang dilakukan guru dengan memeriksa tugas yang dikirimkan siswa dengan cara difoto dan dikirimkan melalui whatsapp dan menuliskannya dilaporan. 2) Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring selama pandemi covid-19 yaitu, tidak semua siswa mempunyai smartphone, keterbatasan kuota internet, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kurang disiplin.