Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. penelitian ini membahas tentang Problematika Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di MTsS MIM Langsa selama masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kelas daring dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan di MTsS MIM Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab selama pandemi covid-19 berlangsung secara daring atau online, yaitu guru menyiapkan RPP, smartphone, buku dan media lainya, pelaksanaan pembelajaran guru menyampaikan materi, melakukantanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang dilakukan guru dengan memeriksa tugas yang dikirimkan siswa dengan cara difoto dan dikirimkan melalui whatsapp dan menuliskannya dilaporan. 2) Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring  selama pandemi covid-19 yaitu, tidak semua siswa mempunyai smartphone, keterbatasan kuota internet, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kurang disiplin.

Keywords

problematika guru pembelajaran bahasa arab pembelajaran masa covid 19

Article Details

References

  1. Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).
  2. Fathul Mujib, Rekontruksi Pendidikan Bahsa Arab, (Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi).
  3. Mahmud Yunus, Metodik Khusus Bahasa Arab(Bahasa Al-quran), (Jakarta: P.T. Hidakarya Agung, 2003).
  4. Amrah Kasim, Bahasa Arab di Tengah-tengah Bahasa Dunia (Yogyakarta: Penerbit Kota Kembang, 2009).
  5. عبد العليم إبراهيم، لمدرس اللغة العربية، (القهيرة : دار المعارف)، ص، 41
  6. Hasbi Ash-Shiddieqy, Falsafah Hukum Islam (Jakarta:Bulan Bintang, 1975).
  7. Deni Darwmawan, Pendidikan TIK dan Aplikasi, (Bandung : Remaja Rosda Karya 2012).
  8. Ulin Nuha, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab , (Yogyakarta: Diva Press 2012).
  9. Yanuar Hrman, Problematika Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru 2007).
  10. Slamet, Belajar dan Faktor-faktor Mempengaruhinya, (Jakarta: PT. Rineka Cipta 2005).