Sumber Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an: Tafsir Tarbawi Term Tarbiyyah dan Ta’lim

Abstract

Artikel ini bertujuan memformulasikan sumber pendidikan Islam melalui implementasi metode tafsir tarbawi tematis yang ditujukan pada ayat-ayat yang memuat term Rabb dan derivasinya sebagai representasi pendidikan Islam dalam konteks tarbiyyah; dan ayat-ayat yang memuat term „Allama dan derivasinya sebagai representasi pendidikan Islam dalam konteks ta‟lim. Ada tiga temuan artikel ini. Pertama, dari 977 term Rabb dan derivasinya dalam Al-Qur‟an, 972 term menunjuk Allah Swt sebagai sumber pendidikan; dan 5 term menunjuk manusia sebagai sumber pendidikan. Sedangkan dari 41 term „Allama dan derivasinya, 24 ayat menunjuk Allah Swt sebagai sumber pendidikan; dan 17 term menunjuk makhluk selain Allah Swt sebagai sumber pendidikan, terutama manusia. Kedua, sumber pendidikan Islam menurut perspektif Al-Qur‟an dalam konteks tarbiyyah dan ta‟lim adalah Allah Swt dan manusia. Ketiga, Allah Swt dan manusia sebagai sumber pendidikan Islam, direalisasikan melalui empat sumber ilmu pengetahuan, yaitu sumber wahyu (Al-Qur‟an dan al-Sunnah), intuisi (ilham dan inspirasi), akal (ijtihad dan penalaran), dan alat indera (terutama pendengaran dan penglihatan).