Sumber Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an: Tafsir Tarbawi Term Tarbiyyah dan Ta’lim

Autor(s): Rosidin Rosidin
DOI: 10.33511/misykat.v6n2.61-98

Abstract

Artikel ini bertujuan memformulasikan sumber pendidikan Islam melalui implementasi metode tafsir tarbawi tematis yang ditujukan pada ayat-ayat yang memuat term Rabb dan derivasinya sebagai representasi pendidikan Islam dalam konteks tarbiyyah; dan ayat-ayat yang memuat term „Allama dan derivasinya sebagai representasi pendidikan Islam dalam konteks ta‟lim. Ada tiga temuan artikel ini. Pertama, dari 977 term Rabb dan derivasinya dalam Al-Qur‟an, 972 term menunjuk Allah Swt sebagai sumber pendidikan; dan 5 term menunjuk manusia sebagai sumber pendidikan. Sedangkan dari 41 term „Allama dan derivasinya, 24 ayat menunjuk Allah Swt sebagai sumber pendidikan; dan 17 term menunjuk makhluk selain Allah Swt sebagai sumber pendidikan, terutama manusia. Kedua, sumber pendidikan Islam menurut perspektif Al-Qur‟an dalam konteks tarbiyyah dan ta‟lim adalah Allah Swt dan manusia. Ketiga, Allah Swt dan manusia sebagai sumber pendidikan Islam, direalisasikan melalui empat sumber ilmu pengetahuan, yaitu sumber wahyu (Al-Qur‟an dan al-Sunnah), intuisi (ilham dan inspirasi), akal (ijtihad dan penalaran), dan alat indera (terutama pendengaran dan penglihatan).  

Keywords

Tarbiyyah; Ta‟lim; Pendidikan; Islam; Tafsir

Full Text:

PDF

References

Ali, Al-Qur‟an al-Karim: Ru‟yah Tarbawiyyah, Kairo: Dar alFikr al-„Arabi, 2000.

, as-Sunnah al-Nabawiyyah: Ru‟yah Tarbawiyyah,

Kairo: Dar al-Fikr al-„Arabi, 2002.

, Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah, Kairo: Dar al-Fikr alSalam, 2007.

„Asyur, al-Tahrir wa al-Tanwir, Tunis: Dar Syuhun li al-Nasyr wa al-Tawzi', t.t.

Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan menurut al-Qur‟an serta Implementasinya,terj.Dahlan, Bandung:

Diponegoro, 1991. al-„Arabiyyah, al-Mu„jam al-Wasith, Kairo: Maktabah al-Syuruq al-Dauliyyah, 2004.

al-Ashfahani, al-Mufradat fi Gharib al-Qur‟an, Kairo: alMaktabah al-Tawfiqiyyah, 2003. al-Baqi, al-Mu„jam al-Mufahras li Alfazh al-Qur‟an al-Karim, Kairo: Dar al-Hadits, 2007.

, Nazhm al-Durar fi Tanasubi al-Ayat wa al-Suwar,

Beirut: Dar al-Fikr al-„Ilmiyyah, 1995. al-Bukhari, Shahih Bukhari bi Hasyiyah al-Imam al-Sanadi, Beirut: Dar al-Kutub al-„Amaliyyah, 2005.

al-Mawardi, A, al-Nukat wa al-„Uyun: Tafsir al-Mawardi, Beirut: Dar al-Kutub al-„Ilmiyyah, tt. al-Naisaburi, A, Shahih Muslim bi Syarh al-Nawawi, Beirut: Dar al-Kutub al-„Ilmiyyah, 1981.

al-Razi, Mafatih al-Ghayb, Beirut: Dar al-Kutub al-„Amaliyyah, 2000.

al-Sya„rawi, Tafsir al-Sya„rawi, Kairo: Akhbar al-Yaum, 1991.

al-Zayn, Mu„jam Tafsir Mufradat Alfazh al-Qur‟an, Beirut: Dar al-Kutub al-Lubnani, 2001.

al-Zuhailli, Wahbah, Ushul al-Fiqh al-Islami, Damaskus: Dar alFikr, 1996.

, al-Tafsir al-Munir, Beirut: Dar al-Fikr al-Mu„ashir, 1998.

Anas, Syarh al-Zurqani „ala Muwaththa‟ al-Imam Malik, Kairo: Dar al-Hadits, 2006.

Baharuddin, Paradigma Psikologi Islami: Studi tentang Elemen Psikologi dari al-Qur‟an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Huda, Interaksi Pendidikan: 10 Cara Qur‟an Mendidik Anak .

Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Qahif, Isykaliyyah al-Ma„rifah: Dirasah Manhajiyyah fi AlQur‟an al-Karim, Kairo: Dar al-Tsaqafah, 1999.

Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga, 2006.

Rahardjo, M, Quo Vadis Pendidikan Islam: Pembacaan Realitas Pendidikan Islam, Sosial dan Keagamaan, Malang: UINMalang Press, 2006.

Rosidin, Ilmu Pendidikan Islam: Berbasis Maqashid Syariah dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi, Depok: Rajawali Pers, 2019.

Rossidy, Filsafat Sains dalam Al-Qur‟an: Melacak Kerangka Dasar Integrasi Ilmu dan Agama, Malang: UIN Malang Press, 2007.

Saebani, Filsafat Ilmu: Kontemplasi Filosofis tentang SelukBeluk Sumber dan Tujuan Ilmu Pengetahuan, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Samrin, Nazharah fi al-Tarbiyyah al-Islamiyyah: Dirasah

Tarbawiyyah, „Amman: Dar al-Basyir, 1985.

Soebahar, Wawasan Baru Pendidikan Islam, Pasuruan: Garoeda Buana Indah, 1992.

Sumedi, Kritisme Hikmah Ke Arah Epistemologi Pendidikan Humanis: Sintesis Epistemologi Barat dan Islam,

Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Thanthawi, al-Tafsir al-Wasith li al-Qur‟an al-Karim, Kairo: Dar al-Nahdhah, 1998.

Yasin, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Zahrah, Zahrah al-Tafasir, Kairo: Dar al-Fikr al-„Arabi, 1987.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.