Metode Asy-syahrani dalam Pengembangan Bahan Ajar Faraidh: Studi Kasus pada Kelas XI SMAIT Albinaa Islamic Boarding School Bekasi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar farâidh dan implementasinya pada peserta didik kelas XI SMAIT ALBINAA IBS serta mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan bahan ajar tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D model Dick dan Carey. Uji validitas angket respon siswa menggunakan metode pearson correlation. Uji reliabilitas angket respon siswa menggunakan metode cronbach‟s alpha. Hasil studi menunjukkan bahwa pengembangan buku bahan ajar farâidh dalam riset ini mendapatkan respon positif dari ahli materi (uji validitas 0.83) dan ahli media (uji validasi 0.82). Hasil studi juga didapati bahwa pengembangan buku bahan ajar farâidh yang disusun secara sistematis, sesuai RPP, tepat dalam pembagian materi, pemberian gradasi warna, dan adanya soal-soal latihan mendapatkan respon positif