Metode Asy-syahrani dalam Pengembangan Bahan Ajar Faraidh: Studi Kasus pada Kelas XI SMAIT Albinaa Islamic Boarding School Bekasi

Autor(s): Muhammad Ihrom, Abdul Halim Sholeh, Syahida Rena
DOI: 10.33511/misykat.v6n2.41-60

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar farâidh dan implementasinya pada peserta didik kelas XI SMAIT ALBINAA IBS serta mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan bahan ajar tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D model Dick dan Carey. Uji validitas angket respon siswa menggunakan metode pearson correlation. Uji reliabilitas angket respon siswa menggunakan metode cronbach‟s alpha. Hasil studi menunjukkan bahwa pengembangan buku bahan ajar farâidh dalam riset ini mendapatkan respon positif dari ahli materi (uji validitas 0.83) dan ahli media (uji validasi 0.82). Hasil studi juga didapati bahwa pengembangan buku bahan ajar farâidh yang  disusun secara sistematis, sesuai RPP, tepat dalam pembagian materi, pemberian gradasi warna, dan adanya soal-soal latihan mendapatkan respon positif 

Keywords

Bahan Ajar; Farâidh, Metode Asy-Syahrâni

Full Text:

PDF

References

Arifin, Moch. Bahak Udin By. dan Nurdyansyah, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan, Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018.

Education Journal, Vol. 8 No. 6 November 2019.

Hasnunidah, Neni, MetodologiPenelitianPendidikan, Yogyakarta: Media Akademi, 2017.

Husna, Nurul, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Kelancaran Prosedur Matematis Siswa di SMP”, Artikel, Universitas Tanjungpura Pontianak, 2016. Tidak diterbitkan.

Khisni, A., Hukum Waris Islam, Semarang: UNISSULA Press, 2017.

Gall, Meredith D., dkk, Educational Research: An Introduction, United States of America: Pearson Education, Inc. 2003.

Nafiah, Choyyirin, “Aplikasi Learning Colors Berbasis Android

Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Anak

Tunagrahita”, Jurnal Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Surabaya, 2019.

Niarti, Novi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Menyimak Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar”, Tesis, Universitas Lampung Bandar Lampung, 2017.

Nurhairunnisah, “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada

Siswa SMA Kelas X”, Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

Purbaningrum, Kus Andini, “Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Dasar Matematika Untuk Mahasiswa PGSD”, Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2018.

Retnawati, Heri, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.