SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMP NEGERI 1 NDONA KABUPATEN ENDE NUSA TENGGARA TIMUR

Abstract

Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan program supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Negeri 1 Ndona.Pendekatan yang digunakan adalahkualitatif dengan metode deskriptifdan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisiakademik yang dilakukan oleh kepala sekolah berdampak sangat baik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru.Dari data yang ada menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru sangat baik dengan melakukan kegiatan-kegiatan penunjang dengan cara mengirim guru-guru untuk mengikuti berbagai pelatihanpelatihan, mengadakan pelatihan informasi dan teknologi, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan musyawara guru mata pelajaran. Kata Kunci : Supervisi Akademik, professional guru Abstraction This study aims to reveal the academic supervision program in increasing teacher professionalism conducted by the Ndona 1 Public Middle School. The approach used is qualitative with descriptive methods and data collection techniques used are interviews, observation, documentation. The results of the study show that the academic supervision carried out by School failure has a very good impact in order to increase the professionalism of teachers. From the available data, it shows that the role of principals in increasing teacher professionalism is very good by carrying out supporting activities by sending teachers to participate in various trainings, holding information and technology training , involving teachers in the subject teacher discussion activities. Keywords: Academic supervision, professional teachers