SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMP NEGERI 1 NDONA KABUPATEN ENDE NUSA TENGGARA TIMUR indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan program supervisi akademik dalam meningkatkan
profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Negeri 1 Ndona.Pendekatan yang digunakan
adalahkualitatif dengan metode deskriptifdan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
wawancara, observasi, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisiakademik yang dilakukan oleh
kepala sekolah berdampak sangat baik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru.Dari data yang ada
menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru sangat baik dengan
melakukan kegiatan-kegiatan penunjang dengan cara mengirim guru-guru untuk mengikuti berbagai pelatihanpelatihan, mengadakan pelatihan informasi dan teknologi, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan
musyawara guru mata pelajaran.
Kata Kunci : Supervisi Akademik, professional guru
Abstraction
This study aims to reveal the academic supervision program in increasing teacher professionalism conducted by
the Ndona 1 Public Middle School. The approach used is qualitative with descriptive methods and data
collection techniques used are interviews, observation, documentation. The results of the study show that the
academic supervision carried out by School failure has a very good impact in order to increase the
professionalism of teachers. From the available data, it shows that the role of principals in increasing teacher
professionalism is very good by carrying out supporting activities by sending teachers to participate in various
trainings, holding information and technology training , involving teachers in the subject teacher discussion
activities.
Keywords: Academic supervision, professional teachers
Article Details
References
Arikunto, 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta : Bumi. Aksara
Arikunto, (2004), dasar-dasar supervise, Jakarta;
Rineka Cipta
Dadang.(2010). Supervisi Profesional (layanan
dalam meningkatkan mutu pembelajaran
di era otonomi daerah). Bandung;
Alfabeta
Iman Sutadj. (1994). Petunjuk pelaksanaan
supervise disekolah. Jakarta;departemen
pendidikan dan kebudayaan direktorat
pendidikan dasar dan menengah.
Koenjaraningrat.(2003). Metodologi penelitian.
Jakarta; Gramedia
(Trianto, 2007 Model-model pembelajaran inovatif
berorientasi konstruktivistik Jakarta. Prestasi
Pustaka Publisher.
E. Mulyasa, 2003 Manajemen Berbasis Sekolah,
Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung:
Rosdakarya,
Mulyasa, 2004 Kurikulum Berbasis Kompetensi:
Konsep, Karakteristik Bandung: Rosdakarya,
John Dewei . 2001. Experience and Education.
Bandung:Teraju (terjemahan).