PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Promblem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share Di Kelas VIII MTs Hifzil Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan peneliti adalah kelas VIII-6 dan VIII-7 dengan jumlah sampel keseluruhan 35 siswa.  Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi digunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dan kemudian dilanjut dengan uji Tukey. Temuan peneliti menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan kooperatif tipe TPS dengan Fhitung  > Ftabel pada taraf (α= 0,05) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Qhitung  > Qtabel; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan kooperatif tipe TPS dengan Fhitung > Ftabel pada taraf (α= 0,05) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Qhitung < Qtabel; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yangn diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL  dan kooperatif tipe TPS  dengan Fhitung> Ftabel pada taraf ????(0,05). Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Promblem Based Learning, Model Pembelajaran Koopertif Tipe Think Pair Share.