Perbedaan Strategi Pembelajaran Direct Instruction dan Snowball Drilling Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keaktifan siswa dengan menggunakan strategi Direct Instruction dan Snowball Drilling. (2) mengetahui perbedaan perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Direct Instruction dan Snowball Drilling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA MAS Proyek UNIVA Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa, sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh. Pada teknik ini menjadikan semua populasi sebagai sampel. Jadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-MIA 1 dan kelas X-MIA 2 sebanyak 60 orang siswa. Kelas X-MIA 1 digunakan untuk kelompok strategi pembelajaran Direct Instruction sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-MIA 2 untuk kelompok strategi pembelajaran Snowball Drilling sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan berbentuk angket dan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dan dilanjutkan dengan uji-t  pada taraf signifikan 0,05. Hasil temuan ini menunjukan: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada Keaktifan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Drilling. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Drilling. Simpulan dalam  penelitian  ini menjelaskan bahwa strategi pembelajaran Direct Isntruction lebih banyak berkontribusi terhadap hasil belajar siswa dari pada strategi Snowball Drilling. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Direct Instruction, Model Pembelajaran Snowball Drilling, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa