PERBEDAAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUKAN GEOGEBRA BERBENTUK VIDEO DAN TANPA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan visualisasi spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Geogebra berbentuk video pembelajaran dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Geogebra tanpa video pembelajaran di kelas XI MAS Al-Ikhlas Bah Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al-Ikhlas Bah Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 50 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan visualisasi spasial dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Adapun simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan visualisasi spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Geogebra berbentuk video pembelajaran dan Pembelajaran Problem Based Learning berabntukan Geogebra tanpa video pembelajaran di kelas XI MAS Al-Ikhlas Bah Jambi.