Strategi Pemasaran Syariah Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Kerajinan Rotan Di Cv. Karyabakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon

Abstract

Islamic marketing strategy in an effort to increase sales of rattan handicrafts at CV. Karya Bakti, Babadan Village, Gunungjati District, Cirebon Regency. The background of his study is that there are still many entrepreneurs who have not implemented sharia marketing in their business. In fact, by implementing sharia marketing in its business, what is obtained is not only profit, but the pleasure of Allah and the company's name in the community will look good. Not a few entrepreneurs who deviate from running their business, they only think about profit for themselves without thinking about their customers. This study aims to determine how sharia marketing in an effort to increase sales of rattan handicrafts in CV, Karya Bakti, Babadan Village, Gunungjati District, Cirebon Regency, is in accordance with the Islamic marketing concept or not. This research is a descriptive qualitative research. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Sources of research data obtained from primary data sources and secondary data sources. Primary data sources were taken from interviews with owners, employees of CV. Community service and several buyers. Meanwhile, secondary data sources were obtained from documentation such as: letters, articles, journals, documents and others related to research data. Data processing and analysis techniques are carried out in three stages, namely: data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the way of doing business by the owner of CV. Karya Bakti in its marketing activities has implemented sharia marketing in every step of the marketing process so that sales are increasing. Abstrak Strategi pemasaran syariah dalam upaya peningkatan penjualan kerajinan rotan di CV. Karya Bakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh masih banyaknya para pengusaha yang belum menerapkan pemasaran syariah dalam usahanya. Padahal dengan menerapkan pemasaran syariah dalam usahanya maka yang didapat bukan hanya keuntungan semata melainkan ridha Allah dan nama perusahaan dimasyarakat pun akan terlihat baik. Tidak sedikit pengusaha yang menyimpang dalam menjalankan bisnisnya, mereka hanya memikirkan keuntungan untuk dirinya semata tanpa memikirkan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran syariah dalam upaya peningkatan penjualan kerajinan rotan di CV, Karya Bakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon sudah sesuai dengan kosep pemasaran syariah atau belum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian didapat dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil dari hasil wawancara dengan pemilik, karyawan CV. Karya bakti dan beberap pembeli.Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi seperti: surat-surat, artikel, jurnal, dokumen-dokumen dan lain-lain yang berhubungan dengan data penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa cara berbisnis yang dilakukan pemilik CV. Karya Bakti dalam kegiatan pemasarannya telah mengimplementasikan pemasaran syariah di setiap langkah-langkah proses pemasaran sehingga penjualan semakin meningkat.