Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka

Abstract

This research of product quality and service quality on customer loyalty at the Seblak Ceker Naga Majalengka Cafe. This thesis is motivated by the existence of a very tight business competition. So we need a marketing strategy to maintain and achieve a higher market share. To provide customer loyalty, efforts are needed from the company by providing the best product quality and service quality for customers. This study aims to determine the effect of product quality and service quality on customer loyalty at the Seblak Ceker Naga Majalengka Cafe. This research is an associative research type with an approach using quantitative methods. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires, observations and documentation. The population in this study were customers at the Seblak Ceker Naga Majalengka Cafe with a sample of 69 respondents. Sampling using thetechnique Probability Sampling. Data analysis using multiple regression analysis techniques. The research data was then processed using SPSS version 23 software. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence on customer loyalty at the Seblak Naga Majalengka Cafe. This is evidenced by the value of Fcount > Ftable (59.305 > 3.13) at a significance value of 0.000. Partial testing of product quality has an effect on customer loyalty where from the t-test obtained tcount > ttable (6.124 > 1.99601) with a significance of 0.000. Then the quality of service affects customer loyalty where from the t-test obtained tcount > ttable (3.754 > 1.99601) with a significance of 0.000. So that the quality of service is very influential on customer loyalty. Abstrak Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka. Sehingga diperlukannya sebuah strategi pemasaran untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Untuk memberikan loyalitas pelanggan diperlukan adanya usaha-usaha dari perusahaan dengan memberikan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket, obsevasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka dengan sampel sebanyak 69 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Analisis data menggunakan teknik analis regresi berganda. Data penelitian kemudian diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Kafe Seblak Naga Majalengka. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (59,305 > 3,13) pada nilai signifikansi sebesar 0,000. Pengujian secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dimana dari uji t didapat thitung > ttabel (6,124 > 1,99601) dengan signifikansi 0,000. Kemudian kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dimana dari uji t didapat thitung > ttabel (3,754 > 1,99601) dengan signifikansi 0,000.Sehingga kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap layolitas pelanggan.