Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Terhadap Karakter Peserta Didik

Abstract

Education is very important component for the creation of quality and progressive nation. The quality and progress of a nation can be seen from the good morals that can be obtained from the success of character education. The COVID-19 pandemic has forced learning to be conducted online, where initially educators and students met face-to-face and turned into remote meetings. This study aims to find out what are the effects of online learning on the character of students. This research method is qualitative in the form of library research. The data source of this research is literature, both in books and in journals about moral education during the pandemic. Data collection is done by tracing related references, both manually and digitally. Data and findings from various literatures are processed into new concepts that are intact and structured. The results of this study indicate that educating character is a challenge for educators. Therefore, educators are led to be creative in implementing learning strategies and applying rules in their classrooms. Besides, the role of parents is also very necessary in supervising and guiding their children at home. ABSTRAK Pendidikan merupakan komponen yang sangat penting untuk terciptanya bangsa yang berkualitas dan berkemajuan. Kualitas dan majunya suatu bangsa dapat dilihat dari bagus akhlaknya yang dapat diperoleh dari keberhasilan pendidikan karakternya. Pandemi covid-19 memaksa pembelajaran dilakukan secara daring, dimana awalnya pendidik dan peserta didik bertemu secara langsung berubah menjadi pertemuan jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pengaruh dari pembelajaran daring terhadap karakter peserta didik. Metode penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk penelitian kepustakaan. Sumber data dari penelitian ini adalah dari literatur baik yang ada di buku maupun di jurnal tentang pendidikan akhlak di masa pandemi. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri referensi terkait, baik secara manual maupun digital. Data dan temuan dari berbagai literatur diolah menjadi konsep baru yang utuh dan terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mendidik karakter menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik. Oleh karena itu para pendidik dituntun kreatif menerapkan strategi pembelajaran dan menerapkan aturan-aturan di kelasnya. Disamping itu peran orang tua juga sangat diperlukan dalam mengawasi dan membimbing putra-putrinya dirumah.