Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Terhadap Karakter Peserta Didik

  • Muhamad Fani Sakti Ahmad Dahlan University
  • Yazida Ichsan Universitas Ahmad Dahlan
  • Ikhsannudin Nur Hidayah Universitas Ahmad Dahlan
  • Sugeng Atmojo Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Education is very important component for the creation of quality and progressive nation. The quality and progress of a nation can be seen from the good morals that can be obtained from the success of character education. The COVID-19 pandemic has forced learning to be conducted online, where initially educators and students met face-to-face and turned into remote meetings. This study aims to find out what are the effects of online learning on the character of students. This research method is qualitative in the form of library research. The data source of this research is literature, both in books and in journals about moral education during the pandemic. Data collection is done by tracing related references, both manually and digitally. Data and findings from various literatures are processed into new concepts that are intact and structured. The results of this study indicate that educating character is a challenge for educators. Therefore, educators are led to be creative in implementing learning strategies and applying rules in their classrooms. Besides, the role of parents is also very necessary in supervising and guiding their children at home.


ABSTRAK


 


Pendidikan merupakan komponen yang sangat penting untuk terciptanya bangsa yang berkualitas dan berkemajuan. Kualitas dan majunya suatu bangsa dapat dilihat dari bagus akhlaknya yang dapat diperoleh dari keberhasilan pendidikan karakternya. Pandemi covid-19 memaksa pembelajaran dilakukan secara daring, dimana awalnya pendidik dan peserta didik bertemu secara langsung berubah menjadi pertemuan jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pengaruh dari pembelajaran daring terhadap karakter peserta didik. Metode penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk penelitian kepustakaan. Sumber data dari penelitian ini adalah dari literatur baik yang ada di buku maupun di jurnal tentang pendidikan akhlak di masa pandemi. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri referensi terkait, baik secara manual maupun digital. Data dan temuan dari berbagai literatur diolah menjadi konsep baru yang utuh dan terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mendidik karakter menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik. Oleh karena itu para pendidik dituntun kreatif menerapkan strategi pembelajaran dan menerapkan aturan-aturan di kelasnya. Disamping itu peran orang tua juga sangat diperlukan dalam mengawasi dan membimbing putra-putrinya dirumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainia, D. K. (2020). Konsep pendidikan karakter ki ageng suryomentaram dan implikasinya dalam menghadapi tatanan kehidupan new normal era pandemi. 3, 175–182.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13, 25–38. https://doi.org/10.51675/jt.v12i2.22
Annisa, A. (n.d.). Tantangan Guru dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/BTJ7M
Bambang Dalyono, E. D. L. (2017). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Polines, 3. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Fatimah Zuhra, U. R. (2021). Diskursus Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11.
Hadarah. (2020). PANDEMI COVID-19 AGEN PERUBAHAN PENDIDIKAN AKHLAK Covid-19 Pandemic is an Agent of Moral Education Change. Sustainable, 3(2), 116–123.
Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230
Lusiana Siska Nurul Azizah, Nila Ispiyana, S. N. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 4(December), 79–87. https://doi.org/10.4324/9781315243313-14
Muhammad Shaleh Assingkily, M. (2020). URGENSITAS PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK USIA DASAR (Studi Era Darurat Covid 19). Jurnal Bunayya, 1(1), 92–107.
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143. https://media.neliti.com/media/publications/235693-pendidikan-karakter-sebuah-pendekatan-ni-71618df5.pdf
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 319–327. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/indexterakreditasiPeringkat4
Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi Covid-19. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1–16.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Tantangan Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi | kumparan.com. (n.d.). Retrieved June 16, 2021, from https://kumparan.com/dwi-mega-lintang-sukma/tantangan-guru-dalam-menanamkan-pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-1v4T6quQXQ5
Tantangan Pendidikan Karakter di Era Pandemi Covid-19 – SDIT AL-KAHFI. (n.d.). Retrieved June 16, 2021, from https://www.sditalkahfi.sch.id/tantangan-pendidikan-karakter-di-era-pandemi-covid-19/
Tantangan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi - Serambi Indonesia. (n.d.). Retrieved June 16, 2021, from https://aceh.tribunnews.com/amp/2020/10/09/tantangan-pendidikan-karakter-di-masa-pandemi
Published
2021-08-31
How to Cite
SAKTI, Muhamad Fani et al. Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Terhadap Karakter Peserta Didik. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 172-179, aug. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/395>. Date accessed: 29 mar. 2024.