Efektivitas Permainan Engklek Modifikasi untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok A di TK Cahaya Maulida II Desa Panjalin Lor Sumberjaya-Majalengka
Abstract
Gross motor development for early childhood is very important because this development has the benefit of increasing the ability to manage and control body movements in children's physical development. The engklek game has tremendous benefits for aspects of child development, namely training honesty, cooperation, skills, compactness, attitude and also training the social soul of children who will face social life in the future. The formulation of the problem in this study is how high the children's gross motor skills before using the modified crank game. How high is the child's gross motor skills after using the modified crank game. How high is the difference in children's gross motor skills before and after using modified crank games. The design of this study used a Pre-Experimental design with the type of One Group Pretest-Posttest. The place of research was carried out at Cahaya Maulida II Kindergarten located in Panjalin Lor Village, Sumberjaya District, Majalengka Regency. Research results Based on the rules, when compared with the results of the Paired Sample T-test, the sig value is 0.000. Thus, the value of sig <0.05, which means that there is a significant difference between the data variants of the X1 and X2 variables. The conclusion of the study was that the gross motor skills of children before playing the engklek game were quite high. The gross motor skills of children after are very high. The difference in the gross motor skills of children before and after using the modified engklek game was moderate. Abstrak Pengembangan motorik kasar bagi anak usia dini merupakan hal yang sangat penting karena perkembangan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan mengelola dan mengontrol gerakan tubuh dalam perkembangan jasmani anak. Permainan engklek memiliki manfaat yang luar biasa bagi aspek perkembangan anak yaitu melatih kejujuran, kerjasama, keterampilan, kekompakkan, sikap dan juga melatih jiwa sosial anak yang akan menghadapi kehidupan bermasyarakat dimasa yang akan dating. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa tinggi kemampuan motorik kasar anak sebelum menggunakan permainan engklek modifikasi. Seberapa tinggi kemampuan motorik kasar anak sesudah menggunakan permainan engklek modifikasi. Seberapa tinggi perbedaan kemampuan motorik kasar anak sebelum dan sesudah menggunakan permainan engklek modifikasi. Desain penelitian ini menggunakan bentuk desain Pre-Eksperimental dengan jenis One Group Pretest-Posttest, Tempat penelitian dilakukan di TK Cahaya maulida II yang berlokasi di Desa Panjalin Lor kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian Berdasarkan kaidah, jika dibandingkan dengan hasil Uji Paired Sampel T-test diperoleh nilai sig 0,000. Dengan demikian, maka nilai sig < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara varian data variabel X1 dan X2. Simpulan penelitian adalah Kemampuan motorik kasar anak sebelum melakukan permainan engklek cukup tinggi. Kemampuan motorik kasar anak sesudah sangat tinggi. Perbedaan kemampuan motorik kasar anak sebelum dan sesudah menggunakan permainan engklek modifikasi adalah sedang.