Efektivitas Permainan Engklek Modifikasi untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok A di TK Cahaya Maulida II Desa Panjalin Lor Sumberjaya-Majalengka

  • Suzana Suzana IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Umayah Umayah IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Rahmi Zulhida IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Gross motor development for early childhood is very important because this development has the benefit of increasing the ability to manage and control body movements in children's physical development. The engklek game has tremendous benefits for aspects of child development, namely training honesty, cooperation, skills, compactness, attitude and also training the social soul of children who will face social life in the future. The formulation of the problem in this study is how high the children's gross motor skills before using the modified crank game. How high is the child's gross motor skills after using the modified crank game. How high is the difference in children's gross motor skills before and after using modified crank games. The design of this study used a Pre-Experimental design with the type of One Group Pretest-Posttest. The place of research was carried out at Cahaya Maulida II Kindergarten located in Panjalin Lor Village, Sumberjaya District, Majalengka Regency. Research results Based on the rules, when compared with the results of the Paired Sample T-test, the sig value is 0.000. Thus, the value of sig <0.05, which means that there is a significant difference between the data variants of the X1 and X2 variables. The conclusion of the study was that the gross motor skills of children before playing the engklek game were quite high. The gross motor skills of children after are very high. The difference in the gross motor skills of children before and after using the modified engklek game was moderate.  


Abstrak


Pengembangan motorik kasar bagi anak usia dini merupakan hal yang sangat penting karena perkembangan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan mengelola dan mengontrol gerakan tubuh dalam perkembangan jasmani anak. Permainan engklek memiliki manfaat yang luar biasa bagi aspek perkembangan anak yaitu melatih kejujuran, kerjasama, keterampilan, kekompakkan, sikap dan juga melatih jiwa sosial anak yang akan menghadapi kehidupan bermasyarakat dimasa yang akan dating. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa tinggi kemampuan motorik kasar anak sebelum menggunakan permainan engklek modifikasi. Seberapa tinggi kemampuan motorik kasar anak sesudah menggunakan permainan engklek modifikasi. Seberapa tinggi perbedaan kemampuan motorik kasar anak sebelum dan sesudah menggunakan permainan engklek modifikasi. Desain penelitian ini menggunakan bentuk desain Pre-Eksperimental dengan jenis One Group Pretest-Posttest, Tempat penelitian dilakukan di TK Cahaya maulida II yang berlokasi di Desa Panjalin Lor kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian Berdasarkan kaidah, jika dibandingkan dengan hasil Uji Paired Sampel T-test diperoleh nilai sig 0,000. Dengan demikian, maka nilai sig < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara varian data variabel X1 dan X2.  Simpulan penelitian adalah Kemampuan motorik kasar anak sebelum melakukan permainan engklek cukup tinggi. Kemampuan motorik kasar anak sesudah sangat tinggi. Perbedaan kemampuan motorik kasar anak sebelum dan sesudah menggunakan permainan engklek modifikasi adalah sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, D. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Ra Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1), 1–13.
Author 1, Author 2, & Author 3. (2017). Title article. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Casta, M. (2014). Dasar-dasar Statistika (A. Rahma (Ed.)). Tsania Press.
Herdina Indrijati, M.Psi., D. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenadamediai Group.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Hidayati, F., & Kamaludin, K. (2021). Analisis Pengaruh Teknik Think Pair Share dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi pada Taruna Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 463-471.
Hidayati, F. (2016). Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Hotimah, I., Kamila, I. N., & Endang, U. (n.d.). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan. 1–8.
Iasha, V., Al Ghozali, M. I., Supena, A., Wahyudiana, E., Setiawan, B., & Auliaty, Y. (2020). The Traditional Games Effect on Improving Students Working Memory Capacity in Primary Schools. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–5.
Kadek Lastrini, I Wayan Tirka, N. D. (2019). Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 32–40. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/index
Lebih Kecil Dari R. (2018). 2(141), 2017.
Mulyawan, H. (2018). Iai Bunga Bangsa Cirebon. 1–81.
Muslimah Ika, Ramadhan Lubis, dan H. H. (2018). Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Motorik. 06(02).
No Title. (2019).
Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Keseimbangan Tubuh Anak Melalui Permainan Tradisonal Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 18–39. http://google.schoolar.com/
Sebagai, D., Satu, S., Memperoleh, P., & Megister, G. (2018). MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI IX PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI TAHUN.
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.
Sudirman. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Keterampilan the Competences of Teachers in the Development of Gross Motor Skills for Early Childhood Based on. 12(1), 29–44.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sugiyono (Ed.)). Alfabeta.
Published
2021-08-29
How to Cite
SUZANA, Suzana; UMAYAH, Umayah; ZULHIDA, Rahmi. Efektivitas Permainan Engklek Modifikasi untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok A di TK Cahaya Maulida II Desa Panjalin Lor Sumberjaya-Majalengka. Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 59-69, aug. 2021. ISSN 2549-0141. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/460>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)