PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI JAWA TENGAH
Abstract
Abstrak Masalah yang masih dihadapi oleh guru adalah rendahnya kemampuan dalam menyusun artikel ilmiah yang dipublikasikan jurnal ilmiah. Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pendampingan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Metode pendampingan adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Keberhasilan atas kegiatan ini akan dievaluasi dengan membandingkan pre-test dan post-test dan dianalisis menggunakan paired simple T-test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa respon guru dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat baik. Selain itu, hasil uji perbedaan antara nilai pre-test dan post-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru terkait dengan artikel ilmiah dan jurnal ilmiah. Saran dari kegiatan ini adalah dapat dilakukan pelatihan lanjutan yang dilakukan secara intesif dengan melibatkan organisasi keguruan, sekolah, dinas pendidikan dan universitas. Abstract The problem that is still faced by teachers is the low ability of teachers to compile scientific articles published in scientific journals. The purpose of this activity is to assist teachers in compiling scientific articles. To solve this problem, it is necessary to train and mentor teachers in compiling scientific articles. The mentoring method is to conduct training and mentoring teachers in compiling scientific articles. The success of this activity will be evaluated by comparing the pre-test and post-test and analyzed using the paired simple T-test. The results of the activity showed that the teacher's response in the implementation of this activity was very good. In addition, the results of the difference test between the pre-test and post-test scores showed a significant difference and this indicated that there was an increase in teacher understanding regarding scientific articles and scientific journals. The suggestion from this activity is that further training can be carried out intensively by involving teacher organizations, schools, education offices and universities.