UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK DI SMAN 9 KOTA JAMBI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bimbingan Konseling yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 35 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa prosentase motivasi belajar sedang sebanyak 20%, rendah sebesar 40% dan motivasi belajar kategori sangat rendah 40%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis siklus II diperoleh siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi sebanyak 10%, tinggi sebesar 50% dan motivasi belajar kategori sedang sebesar 10% dan rendah 10%, sehingga berdasarkan hasil siklus II tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan. Dengan demikian subjek yang dijadikan penelitian yang berjumlah 30 orang siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.