UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK DI SMAN 9 KOTA JAMBI

Authors

  • ARMINI ARMINI SMA Negeri 9 Kota Jambi Provinsi Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.518

Keywords:

motivasi belajar, bimbingan kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bimbingan Konseling yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 35 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa prosentase motivasi belajar sedang sebanyak 20%, rendah sebesar 40% dan motivasi belajar kategori sangat rendah 40%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis siklus II diperoleh siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi sebanyak 10%, tinggi sebesar 50% dan motivasi belajar kategori sedang sebesar 10% dan rendah 10%, sehingga berdasarkan hasil siklus II tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan. Dengan demikian subjek yang dijadikan penelitian yang berjumlah 30 orang siswa kelas X MIPS 2 di SMA Negeri 9 Kota Jambi dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46-52.

Endrawati, S. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 31-43.

Fitriati, T. K. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 88-100.

Hanan, H. A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII. C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 62-72.

Hartinah, G. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Is, J. Musnadi. (2017, October). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosialisasi Remaja Di Sma Negeri 1 Kaway Xvi Kabupaten Aceh Barat. In Prosiding Seminar Nasional USM (Vol. 1, No. 1).

Khairani, K. (2019). Mengatasi Kenakalan Peserta Didik melalui Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Bireun. Jurnal Serambi Akademica, 7(4), 391-398.

Priyatno & Ermananti. (2005). Dasar-Dasar bimbingan Konseling. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnama, A., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(6).

Ridho, M. A. (2012). Pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa kompetensi keahlian audio video smk muh. kutowinangun kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Paedagogy, 7(2), 78-89.

Yuniarwati, C. T. (2018). meningkatkan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada siswa kelas Xi A¬ Ph 1 SMK NI cepu semester gasal tahun 2017/2018. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1).

Downloads

Published

2021-09-19

How to Cite

ARMINI, A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK DI SMAN 9 KOTA JAMBI. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(1), 52-60. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.518

Issue

Section

Articles