BEST PRACTISE PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH LITERAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS AWAL

Abstract

Kegiatan membaca sangat penting dikelas awal. Di kelas awal siswa BELAJAR MEMBACA, sedangkan siswa kelas tinggi MEMBACA UNTUK BELAJAR. Ketika siswa terkendala membaca di kelas awal, dia akan selalu tertinggal di jenjang berikutnya. Membaca adalah ketrampilan yang harus diajarkan, tidak bisa sendiri. Mengajarkan membaca perlu strategi dan pendekatan kreatif dan inovatif agar siswa mempunyai minat baca, terdorong untuk memperhatikan, merasa tertarik dan senang terhadap aktivitas membaca, sehingga malakukan aktivitas membaca dengan kemauanya sendiri. Best Practise ini mengkaji cara sekolah menggunakan strategi dan pendekatan kreatif dengan menciptakan lingkungan sekolah yang literat, indah, nyaman dan ramah, serta perlengkapan/media yang menarik, aktivitas yang menyenangkan memotivasi membaca siswa. Lingkungan sekolah dan kelas yang kaya dengan media kebahasaan dan cetakan serta sudut baca, media pembelajaran kreatif inovatif literasi dengan tutup botol, bigbook, dan tabel interaktif berupa jurnal literasi dan bintang baca. Tujuan dibuatnya best practise ini adalah mendeskripsikan pengalaman penulis dalam menciptakan lingkungan sekolah literat dan media pembelajaran literasi untuk menumbuhkan minat baca. Harapan yang ingin dicapai, semoga kegiatan membaca menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak, terutama dikelas pemula. Membiasakan membaca dikelas awal/pemula bisa menjadi pembiasaan saat ia dewasa.