PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X.IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMAN 9 YOGYAKARTA

Abstract

Karya tulis ini merupakan hasil penelitian dari pengalaman nyata penulis sebagai seorang guru, dalam proses pembelajaran menggunaan metode mind mapping dengan pendekatan saintifik. Metode ini merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran terbaik yang pernah dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik yang ada di kelas X.IPS, pada materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak, materi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional, materi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional Tahun Ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Hasil belajar yang akan ditingkatkan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga instrumen yang digunakan selama proses belajar mengajar terdiri dari tes tertulis (tes evaluasi akhir), penugasan, tes praktik/ unjuk kerja, dan proyek, dengan instrumen non tes berupa lembar angket sikap, wawancara tertulis, dan observasi yang dilakukan langsung oleh guru. Keberhasilan proses pembelajaran terlihat sekali dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar baik pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang telah mencapai nilai melampaui KKM (> 73). Besarnya presentase capaian nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas X.IPS untuk materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 79,80%, dan keterampilan 81,01%. Pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional diperoleh capaian untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 80,75%, dan keterampilan 82,0%. Sedangkan pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional diperoleh capaian untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 82,05%, dan keterampilan 82,75%. Hasil ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan pendekatan saintifik.