PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X.IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMAN 9 YOGYAKARTA

Authors

  • ATI LASMANAWATI SMA Negeri 9 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.291

Keywords:

Metode Mind Mapping, Pendekatan Siantifik, Kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan

Abstract

Karya tulis ini merupakan hasil penelitian dari pengalaman nyata penulis sebagai seorang guru, dalam proses pembelajaran menggunaan metode mind mapping dengan pendekatan saintifik. Metode ini merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran terbaik yang pernah dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik yang ada di kelas X.IPS, pada materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak, materi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional, materi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional Tahun Ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Hasil belajar yang akan ditingkatkan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga instrumen yang digunakan selama proses belajar mengajar terdiri dari tes tertulis (tes evaluasi akhir), penugasan, tes praktik/ unjuk kerja, dan proyek, dengan instrumen non tes berupa lembar angket sikap, wawancara tertulis, dan observasi yang dilakukan langsung oleh guru. Keberhasilan proses pembelajaran terlihat sekali dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar baik pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang telah mencapai nilai melampaui KKM (> 73). Besarnya presentase capaian nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas X.IPS untuk materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 79,80%, dan keterampilan 81,01%. Pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional diperoleh capaian untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 80,75%, dan keterampilan 82,0%. Sedangkan pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional diperoleh capaian untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 82,05%, dan keterampilan 82,75%. Hasil ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan pendekatan saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, Catharina, T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Buzan, Tony. (2012). Buku pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan 3). Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawati, Aminah. (2014). Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 13 Banjarmasin. LENTERA, Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.9, no. 2 (2014), hal. 1 – 10.

Furchan, A. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Ginting, Monto, K. Br. (2013). Artikel Ilmiah: Efektivitas Model Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan dalam Menulis Artikel oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Rakyat Sei Gelugur Tahun Pembelajaran 2012/2013. Medan: Universitas Negeri Medan.

http://idealmathedu.p4tkmatematika.org ISSN 2407-8530.

Karim, Abdul. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. Journal of Social Science Teaching, Jurnal IJTIMAIYA _Vol. 1 No. 1 Juli-Desember 2017.

Mahmudah, F.H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Kreativitas Peserta Didik. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 5 Nomor 9 Tahun 2018.

Mawartningsih, L. dan Zuhdiana, A.A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference Volume 14, Nomor 1 Halaman 604-610. Oktober 2017. p-ISSN: 2528-5742.

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Olivia, Femi. (2008). Gembira Belajar dengan Mind Mapping: Bantu Anak Menguasai “senjata rahasia” para Jenius untuk Melejit Prestasi di Sekolah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. (2001). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Swadarma, Doni. (2013). Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Yohanie, Dian Devita. (2015). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar Sisw Kelas X SMA Negeri 8 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol1. No.1. Diakses tanggal 14 April 2017. (http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/123).

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

LASMANAWATI, A. . (2021). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X.IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMAN 9 YOGYAKARTA. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 31-38. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.291

Issue

Section

Articles