MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MI I’ANATUSSHIBYAN 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Fiqih di MI I’Anatusshibyan 1. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif tipe Classroom Action Research (CAR). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen penelitian yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Observasi dilakukan terhadap karakter tanggung jawab siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil observasi karakter tanggung jawab siswa di kelas I dapat digambarkan pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dari pelaksanaan prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 1.55 atau 38.94% berada pada kategori kurang, selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus I. Hasil observasi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata  sebesar 2.10 atau 52.63% berada pada kategori cukup. Dari hasil pengamatan pada siklus I peneliti mendapat beberapa hambatan, kemudian dilakukan perbaikan atau penyempurnaan baik pada tahap perencanaan yakni RPP sampai tahap pelaksanaan pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.02 atau 75.52% berada pada kategori baik. Dengan demikian terdapat peningkatan nilai karakter tanggung jawab siswa dari tahap prasiklus sampai siklus II sebesar 1.46 atau 36.57%. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas I di MI I’Anatusshibyan 1.