MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan Metode pembelajaran cooperative learning tipe make a match dalam  meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Mathla’ul Anwar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Di dalam siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Mathla’ul Anwar Caringin tahun ajaran 2018/2019. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskritif. Instrumen yang di gunakan berupa tes formatif yang diberikan setelah pembelajaran selesai. Hasil menunjukkan pada siklus I terdapat 6 siswa yang tuntas dan 20 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata 60,38%, kemudian pada siklus II terdapat 18 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 71,15%, kemudian pada siklus III siswa yang mencapai tuntas sebanyak 26 siswa atau seluaruh siswa kelas IV dengan nilai rata-rata 81,69%. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 71,73%, pada siklus II memperoleh persentase 79,34%, dan pada siklus III memperoleh persentase 85,86% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I meperoleh persentase 66,66%, pada siklus II memperoleh 72,22%, dan pada siklus III  memperoleh 91,66% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode Metode pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di MI Mathla’ul Anwar Caringin, Bogor.