PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI AL-FALAH

Abstract

Pendidikan akan berkembang terus-menerus mengikuti zaman. Sebagai manusia yang memiliki potensi kreatif dan inovatif pasti akan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju agar tidak tertinggal. Setiap guru diharapkan mempunyai keterampilan dalam mengajar salah satunya adalah dalam memilih model pembelajaran agar pembelajaran dapat disampaikan dengan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Al-Falah, mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mata pelajaran IPS dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode quasi ekperimen, menurut Arikunto penelitian eksperimen yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab-akibat (hubungan klausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeleminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang menaganggu. Jenis penelitiannya adalah Non Equivalent Design, menggunakan pretest dan posttest. Nilai pretest kelas eksperimen adalah 2264 dan memiliki rata-rata 59,08. Kemudian setelah treatment jumlah nilai yang siswa meningkat menjadi 3032 Dengan rata-rata nilai sebesar 84,22. Sehingga peningkatan nilai rata-rata sebesar 25,14 poin. Sedangkan nilai pretest kelas kontrol sebesar 2264 dengan rata-rata nilai 62,89. Kemudian, diberikan perlakuan menggunakan konvensional jumlah nilai menjadi 2809 dengan rata-rata nilai sebesar 78,02. Sehingga terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 15,13 poin.