MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KERJASAMA SISWA

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan formal yang dilaksanakan di sekolah. Dalam hal ini terjadinya suatu interaksi antara siswa, guru dan lingkungannya. Peran seorang guru sangatlah penting, maka akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dan perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran two-stay two-stray dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Jam’iyatul Falah Bojong Gede Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Mc Taggart terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada prasiklus dengan nilai presentase ketuntasan 56,25%, pada siklus 1 nilai presentase ketuntasan 75%, kemudian pada siklus 2 nilai presentase ketuntasan 87,5%. Adapun sikap kerjasama siswa pada prasiklus nilai rata-rata 2,45 dengan kategori cukup, pada siklus 1 nilai rata-rata 2,85 dengan kategori baik, dan pada siklus 2 nilai rata-rata 3,5 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian bahwa penerapan model pembelajaran two-stay two-stray dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Jam’iyatul Falah Bojong Gede Kabupaten Bogor.