MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN SD SOLIHUDDIN SCHOOL THAILAND

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti: (1). Manajemen kurikulum dan pembelajaran, (2). Perencanaan kurikulum di sekolah, (3). Pengorganisasian kurikulum di sekolah, (4). Pelaksanaan kurikulum  di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, studi dokumen. Selanjutnya data dianalisis, direduksi, diverifikasi kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Manajemen kurikulum dan pembelajaran di SD Solihuddin School diawali dengan tahap perencanaan, pengorganisasian kurikulum, dan pelaksanaan. Kedua, Perencanaan Kurikulum SD Solihuddin School sudah berjalan dengan terstruktur tetapi masih perlu dilakukan penyelarasan rencana yang telah dibuat agar dapat terencana semua yang telah ditetapkan pada rapat perencanaan yang dilaksanakan rutin pada awal semester. Ketiga, pengorganisasian kurikulum di SD Solihuddin School meliputi dua hal yaitu struktural dan akademik. Secara struktural sistem pengorganisasian kurikulum di bawah komando direktur (kepala sekolah). Sedangkan secara akademik organisasi kurikulum dikembangkan dalam bentuk organisasi yaitu kurikulum berdasarkan mata pelajaran terpisah (saparated subject curriculum). Keempat, Pelaksanaan kurikulum di SD Solihuddin School dibagi menjadi dua tingkatan yaitu pelaksanaan kurikulum tingkat sekolah dan kelas. Pada pelaksanaan kurikulum tingkat sekolah yang dilaksanakan oleh kepala sekolah masih kurang maksimal karena kurangnya eksistensi kepala sekolah, sedangkan untuk pelaksanaan kurikulum tingkat kelas dilaksanakan oleh guru sudah cukup maksimal dengan bukti dalam proses pembelajaran sudah mengikuti perkembangan zaman.