STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Abstract

Pemilihan metode yang tepat merupakan langkah yang harus diambil oleh guru untuk memudahkan peserta didik memahami materi ajar. Meski demikian banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam memilih metode yang tepat sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelebihan dari metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam proses pembelajaran dan kendala yang dihadapi ketika menerapkan metode SAS dikelas. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah descriptive qualitative dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam terhadap guru Madrasah Ibtidaiyah yang telah menggunakan metode SAS sebagai salah satu metode mengajarnya. Dari hasil penelitian ditemukan, 1) SAS baik digunakan dalam proses belajar mengajar karena mampu menarik minat siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. 2) dengan metode ini peserta didik dapat memahami pelajaran karena mereka terlibat dalam proses pembelajaran learning by doing. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengaplikasikan metode ini bahwa metode SAS harus didukung dengan media yang menarik seperti gambar-gambar, videpo-video. Dengan demikian, disarankan kepada para guru untuk menggunakan metode SAS dengan disertai penggunaan media-media belajar yang menarik, agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.