Pengembangan Alat Permainan Arabic Edugame Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII A MTs Negeri 10 Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media permainan Arabic Edugame dapat menstimulus peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di MTs Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian R&D (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kefektifan produk tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media permainan Arabic Edugame dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di MTs Negeri 10 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data yang diperoleh dari rata-rata pada uji coba kelompok terbatas untuk pre-test yaitu 49,00 dan post-test 76,00. Selanjutnya uji coba kelompok luas rata-rata pre test adalah 41,00 dan post test 78,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media alat permainan Arabic Edugame dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di Mts Negeri 10 Sleman.