Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Tamrîn Lughoh Kelas VIIC MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta

Abstract

This study aims to determine the teaching process of Tamrîn Lughoh with a communicative approach in class VII C of MTs Ibnul Qoyyim Putri, what are the obstacles in teaching Tamrîn Lughoh with a communicative approach, and what solutions are made by the teacher to overcome these obstacles. This study used a qualitative approach by involving class VII C students of MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta as research subjects. In data collection, the techniques used are through interviews, observation, and documentation. Then the data were analyzed qualitatively. The results showed that the implementation of Tamrîn Lughoh's teaching in class VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, in terms of learning objectives, teaching methods and materials used, the material being taught, and evaluations applied were following communicative language teaching, both principles, and characteristics in language teaching with a communicative approach. As for the obstacles faced by teachers, the first is the lack of supporting learning media. The second environment, the third depends on individual learners. Meanwhile, the solution effort is carried out by collaborating with the madrasah to see the needs of the madrasah infrastructure, directing students to manage their study time properly, and motivating the importance of learning foreign languages ​​for their future. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajaran Tamrîn Lughoh dengan pendekatan komunikatif di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri, apa saja kendala dalam pengajaran Tamrîn Lughoh dengan pendekatan komunikatif, dan usaha solutif apa saja yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan siswa kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta sebagai subyek penelitian. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran Tamrîn Lughoh di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, dari segi tujuan pembelajaran, metode dan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi yang diterapkan telah sesuai dengan pengajaran bahasa komunikatif, baik prinsip-prinsip maupun karakteristik dalam pengajaran bahasa dengan pendekatan komunikatif. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru, pertama adalah minimnya media pembelajaran yang mendukung. Kedua lingkungan, ketiga bergantung pada individu peserta didik. Sedangkan usaha solutif yang dilakukan dengan menjalin kerjasama pada pihak madrasah untuk melihat kebutuhan infrastruktur madrasah, mengarahkan peserta didik untuk mengatur waktu belajar mereka dengan baik, dan memberikan motivasi akan pentingnya belajar bahasa asing bagi masa depan mereka.