Pembelajaran Kooperatif Berbasis Permainan Domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab) untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman
Abstract
The minimal use of models and methods in mufradāt learning is the background of this research. Researchers try to apply domikara game-based learning (Domino Arabic) as an innovation in learning methods. This study aims to determine the learning process of mufradāt using domikara games (Domino Arabic Vocabulary) and whether there are differences in student learning outcomes before and after applying this learning method mufradāt mastery. This research is an experimental study with a pretest-posttest control group model design, which involved class VIII A as the experimental class and class VIII C as the control class. The data was collected using tests, observations, interviews, and documentation. This study indicates that the domikara game-based cooperative learning in class VIII A begins with the teacher giving mufradāt, then the teacher reads, and the students imitate it. The teacher removes the mufradāt and continues with the application of domikara games (domino games) in Arabic vocabulary. Based on the post-test score data, the two groups experienced an increase in mufradāt mastery. The average score of the experimental class students, namely 61,764, increased by 91,911, while the average score of the control class began to get 60,588, which increased to 82,647. Be observed the two groups' post-test scores above; it can be seen that the experimental class and the control class both experienced a significant increase. Abstrak: Kurangnya pemanfaatan model dan metode dalam pembelajaran mufradāt melatarbelakangi lahir penelitian ini. Peneliti mencoba menerapkan pembelajaran berbasis permainan domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab) sebagai sebuah inovasi pemanfaatan metode belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufradāt dengan menggunakan permainan domikara (Domino Kosakata Bahasa Arab), dan adakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran ini terhadap penguasaan mufradāt. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest posttest control grup design. Yang melibatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis permainan domikara di kelas VIII A dimulai dengan guru memberikan mufradāt, kemudian guru membaca dan siswa menirukan, lalu guru menghapus mufradāt tersebut dan dilanjutkan dengan penerapan permainan domikara (domino kosakata bahasa Arab). Berdasarkan data nilai posttest, kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan dalam penguasaan mufradāt. Melihat rata-rata nilai siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 61,764 mengalami kenaikan sebesar 91,911 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol bermula memperoleh 60,588 mengalami kenaikan menjadi 82,647. Dilihat dari nilai posttest kedua kelompok di atas, dapat diketahui bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama mengalami peningkatan yang cukup signifikan.