Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada kelas V. A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan berbicara pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik dalam pengumpulan data dari hasil Tes, observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian dariĀ  analisis data bahwa pada Ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra siklus hanya 8 orang(38,09%) yang tuntas, pada siklus I meningkat 14 orang(66,67%) yang tuntas dan pada siklus II meningkat hingga 21 orang (100%) dengan kategori sangat baik, dari data tersebut dapat diketahui bahwa keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu Meningkat.