Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu

Authors

  • Mariza Mariza STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Mardiah Mardiah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.130

Keywords:

Pendekatan Komunikatif, Keterampilan Berbicara

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada kelas V. A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan berbicara pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik dalam pengumpulan data dari hasil Tes, observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian dari  analisis data bahwa pada Ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra siklus hanya 8 orang(38,09%) yang tuntas, pada siklus I meningkat 14 orang(66,67%) yang tuntas dan pada siklus II meningkat hingga 21 orang (100%) dengan kategori sangat baik, dari data tersebut dapat diketahui bahwa keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu Meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad D. Marimba, 2002, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.

Anas Sugdijono, 2008, Statistik Pendidikan , Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daeng Nurjamal dan Warta Sumirat, 2010, penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia, Bandung : Alfabeta.

E. Mulyasa, 2007, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

http:/ /jason walke rpanggabean .blogspot.com/ 2013 /09/makalah - pendekatan-komunikatif.html, diakses tanggal 10 Maret 2015

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2009, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur Mustafa dkk, 2006, Berbicara, Pekan Baru: Cendikia Insani..

Riduwan, 2005, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alpabeta.

Slameto, 2013, Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.

Subana, Moersetyo dan Sudrajat, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Pusta Setia.

Sugiyono 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Zakiah Daradjat, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-07-09

How to Cite

Mariza, M., & Mardiah, M. (2020). Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 126–138. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.130