Peran Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Tembilahan Kota
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Tembilahan Kota, dan Apa yang harus dilakukan guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru waka kesiswaan dan guru bimbingan konseling (BK) di SMKN 02 Tembilahan Kota yang berjumlah 13 orang, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam menangani kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota, dapat penulis simpulkan “baik” dengan persentase 72,43% interval berkisar antara 61%-80%. Adapun usaha yang dilakukan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa yaitumenumbuhkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang disiplin, memberikan bimbingan atau penyuluhan, dan Guru dan siswa harus bekerjasama dalam menegakkan kedisiplinan sekolah.