Peran Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Tembilahan Kota

Authors

  • Wini Wini STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.55

Keywords:

Peran Guru, Disiplin, Pelanggaran, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Tembilahan Kota, dan Apa yang harus dilakukan guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa.

Subjek dalam penelitian ini adalah guru waka kesiswaan dan guru bimbingan konseling (BK) di SMKN 02 Tembilahan Kota yang berjumlah 13 orang, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam menangani kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota, dapat penulis simpulkan “baik” dengan persentase 72,43% interval berkisar antara 61%-80%. Adapun usaha yang dilakukan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa yaitumenumbuhkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang disiplin, memberikan bimbingan atau penyuluhan, dan Guru dan siswa harus bekerjasama dalam menegakkan kedisiplinan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, (2006), Prencanaan pembelajaran, Jakarta: Rosda Karya

Abin Syamsudin Makmun, (2012), Psikologi Kependidikan, Bandung: PT Rosdakarya

Abudin Nata, (1996), Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Logos

Ahmad Rohani, (2004), Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Amirul Hadi dan Hayono, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005

Aprilia Kumala dan F. Arundaya, (2010), Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Ikhtiar

Awaluddin Tjala, 2004, 10 Kesalahan Orang Tua dan Guru dalam Mendidik dan solusinya, Bogor: Aan-Najah Press

Departemen Agama RI, (2005), Al-qur’an dan terjemahannya, Bandung: CV. Penerbit J-Art

Didi Supriadie dan Deni Darmawan, (2012), Komunikasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Eka Prihatin, 2011, Manajemen Peserta Didik, (Bandung: Alfabeta

Hasbullah, (2008), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Imam Wahyudi, 2012, Mengejar Profesionalisme Guru, Jakarta: Prestasi Pustaka

Mahfan, (2005), Kamus lengkap Bahasa Indonesia Sastra Indonesia, Jakarta: Sandra Jaya

Muhammad Nurdin, (2010), Kiat Menjadi Guru Profesional, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

E. Mulyasa, (2013), Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara

Novan Ardy Wiyani, (2013), Manajemen KelasTeori dan Aplikasi Untuk Menciftakan Kelas Yang Kondusif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Oemar Hamalik, (2011), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik, (2011), Psikologi Belajar Mengajar, Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Suntikno, (2010), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Rafika Aditama

Riduwan, (2011), Belajar Mudah Penelitian Guru-Karyawan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2011

Sudarwan Danim dan Khairil, (2010), Proofesi Kependidikan, Bandung: Alfabeta

Sugiono, (2010), Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suharsimi, A. (1992). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Wini, W. (2020). Peran Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Tembilahan Kota. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.55