Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Perilaku dalam Pendidikan Islam

Abstract

ABSTRACT Islamic education in Indonesia is currently growing rapidly, but quality is still a problem in most of Islamic educations. One of the problems is how the quality of Islamic education can be increased by improving behavior management. The purpose of this study was to describe the integrated management of behavior management-based education in Islamic education. A literature review research method or literature search was carried out in this study. Finding showed that behavioral management in Islamic education is basically management based on people, that places humans as the main factor that must be considered, humanized, supported, respected, and fulfilled all their needs. There are seven factors that influence behavior management in Islamic education, namely motivation, superior culture, leadership, communication, reward and punishment, strategic management and integrated quality management. Behavioral management has an important role in Total Quality Management in Islamic Education.   ABSTRAK Pendidikan Islam di Indonesia pada saat ini telah berkembang dengan pesat, tetapi kualitas masih merupakan masalah di sebagian besar Pendidikan Islam tersebut. Salah satu masalah Pendidikan Islam adalah bagaimana kualitas Pendidikan Islam dapat meningkat dengan memperbaiki manajemen perilaku. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan manajemen mutu terpadu pendidikan  berbasis manajemen perilaku pada Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelusuran kepustakaan sebagai metode penelitian. Hasil menunjukkan bahwa manajemen perilaku dalam Pendidikan Islam pada dasarnya adalah manajemen berbasis pada manusia, yang menempatkan manusia sebagai faktor utama yang harus diperhatikan, dimanusiakan, didukung, dihormati, dan dipenuhi segala kebutuhannya. Ada tujuh faktor yang mempengaruhi manajemen perilaku dalam pendidikan Islam, yaitu motivasi, budaya unggul, kepemimpinan, komunikasi, reward and punishment, manajemen strategis dan manajemen mutu terpadu. Manajemen perilaku memiliki peran penting dalam Total Quality Management dalam Pendidikan Islam.