Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Perilaku dalam Pendidikan Islam

Main Article Content

Agus Warcham
Maemunah Sa'diyah

Abstract

ABSTRACT


Islamic education in Indonesia is currently growing rapidly, but quality is still a problem in most of Islamic educations. One of the problems is how the quality of Islamic education can be increased by improving behavior management. The purpose of this study was to describe the integrated management of behavior management-based education in Islamic education. A literature review research method or literature search was carried out in this study. Finding showed that behavioral management in Islamic education is basically management based on people, that places humans as the main factor that must be considered, humanized, supported, respected, and fulfilled all their needs. There are seven factors that influence behavior management in Islamic education, namely motivation, superior culture, leadership, communication, reward and punishment, strategic management and integrated quality management. Behavioral management has an important role in Total Quality Management in Islamic Education.


 


ABSTRAK


Pendidikan Islam di Indonesia pada saat ini telah berkembang dengan pesat, tetapi kualitas masih merupakan masalah di sebagian besar Pendidikan Islam tersebut. Salah satu masalah Pendidikan Islam adalah bagaimana kualitas Pendidikan Islam dapat meningkat dengan memperbaiki manajemen perilaku. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan manajemen mutu terpadu pendidikan  berbasis manajemen perilaku pada Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelusuran kepustakaan sebagai metode penelitian. Hasil menunjukkan bahwa manajemen perilaku dalam Pendidikan Islam pada dasarnya adalah manajemen berbasis pada manusia, yang menempatkan manusia sebagai faktor utama yang harus diperhatikan, dimanusiakan, didukung, dihormati, dan dipenuhi segala kebutuhannya. Ada tujuh faktor yang mempengaruhi manajemen perilaku dalam pendidikan Islam, yaitu motivasi, budaya unggul, kepemimpinan, komunikasi, reward and punishment, manajemen strategis dan manajemen mutu terpadu. Manajemen perilaku memiliki peran penting dalam Total Quality Management dalam Pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WarchamA., & Sa’diyahM. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Perilaku dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 281-293. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.417
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang Kesowo. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan
Nasional. Diakses 20 Juni 2021 dari portal
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Hafidhuddin, D., Tanjung H. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: GIP
Nata, A. 2015. Manajemen Pendidikan. Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia,
Edisi keempat. Jakarta: Penerbit Penadamedia Group
Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Rahmi, S. 2015. Total Quality Management dalam Memajukan Pendidikan Islam. Intelektualita,
3(1). 2015, 1-14.
Syukur, F. 2011. Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Semarang: PT Pustaka
Rizki Putra
Umar, M., Ismail, F. 2017. Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Pendidikan Islam Iqra, 11(2) 2017, 14-24.
Yahya, A.F. 2015. Problem Manajemen Pesantren, Sekolah, Madrasah: Problem Mutu Dan
Kualitas Input-Proses-Output. Jurnal eL-Tarbawi, VIII (1) 2015, 93 - 103
https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art6
Zaini, A.A. 2015. Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ummul Quro, Vol 5, No. 1, hal
24-37.