Perbedaan efektivitas model partisipatif dengan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika di Madrasah
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model partisipatif dengan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 21 Mataram pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan dengan thestatic group pretest-posttest desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 21 Mataram. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan materi lingkaran. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan istrumen wawancara, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian, model partisipatif terhadap hasil belajar diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,68 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,32. Sedangkan model discovery learning terhadap hasil belajar diperoleh nilai rata-rata pretest 58,86 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,91. Hasil uji hipotesis hasil belajarditemukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,821. Oleh karena nilai sig > 0,05, artinya H0 diterima dan H1 ditolak, maka dapat dismpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara model partisipatif dengan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Mataram