PENGARUH KENYAMANAN KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KREATIVITAS GURU (STUDI EMPIRIK KUANTITATIF DI SD DAN SMP AL-AZHAR BSD, TANGERANG SELATAN)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait Pengaruh Kenyamanan Guru dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kreativitas Guru SD dan SMP AL-Azhar BSD, Tangerang selatan secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Guru SD dan SMP AL-Azhar BSD, Tangerang selatan. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 73 responden dari 103 populasi Guru SD dan SMP AL-Azhar BSD, Tangerang selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisi yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif dengan menggunakan sofwer pengolah data statistik SPSS ver.20. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kenyamanan guru terhadap kreativitas guru dengan kekuatan pengaruh atau koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,494 dan besarnya pengaruh atau koefisien determanasi (R2) = 24,4 %.  Adapun arah persamaan regresi Ŷ = 82.847+ 0, 364 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kenyamanan guru akan mempengaruhi peningkatan skor kreativitas guru sebesar 0,364. Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap kreativitas guru dengan kekuatan pengaruh atau koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,550 dengan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi (R2) = 30.3 %. Adapun arah persamaan regresi Ŷ= 68.229+ 0, 464 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi profesional guru akan mempengaruhi peningkatan skor kreativitas guru sebesar  0,464. Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kenyamanan guru, dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama atau simultan terhadap kreativitas guru dengan kekuatan pengaruh atau koefisien korelasi (ry12) sebesar 0.611 dan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi  (R2) =  37,3%.  Adapun arah persamaan regresi Ŷ = 55.286+ 0,344 X1+ 0,222 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kenyamanan guru  dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama atau simultan akan mempengaruhi peningkatan skor kreativitas guru sebesar 0,566 poin