Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui hubungan antara kemamuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika siswa kelas V SDN 3 Midang Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 3 Midang Midang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yakni dimana semua populasi dijadikan sampel, metode yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes. Data yang diperoleh kemudian di olah dengan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemamuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika siswa kelas V SDN 3 Midang Kabupaten Lombok Barat, yang ditunjukan oleh hasil olah data menggunaan korelasi product moment dimana  >  pada taraf signifikansi 5% yakni 0,79 > 0,334, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemamuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika siswa.