Pengaruh Trait Kepribadian dan Social Skills Terhadap Resiliensi Anak Didik Lapas Kelas IIA Salemba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trait kepribadian dan keterampilan sosial terhadap resiliensi siswa kelas IIA penjara salemba. Sampel yang berjumlah 125 siswa dari penjara Salemba diambil dengan teknik non-probabilitysampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trait kepribadian dan keterampilan sosial tidak signifikan terhadap resiliensi kelas IIA siswa penjara salemba dengan memberikan kontribusi 11,9%. Namun, dilihat dari tabel koefisien, dari sembilan variabel independen hanya satu yang memiliki pengaruh signifikan terhadap resiliensi anak didik Lapas Salemba kelas II yaitu kesombongan (p-value <0,05). Sedangkan extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, keterbukaan terhadap pengalaman. Agresivitas, asertif, dan kesepian tidak berpengaruh secara signifikan terhadap resiliensi siswa kelas IIA penjara salemba.