Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Metode Speed Reading pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 alla Kabupaten Enrekang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar bahasa Indonesia melalui metode speed reading pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Peneliti menerapkan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang, yaitu: 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. PTK ini dirancang ke dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dan non-tes. Adapun indikator keberhasilan adalah apabila siswa yang memperoleh skor minimal 65 mencapai 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode speed reading dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Oleh karena itu, penggunaan metode speed reading dapat dijadikan pendekatan pembelajaran bagi guru di kelas.