Peningkatan Kinerja Guru dalam Menyusun Sistem Penilaian Melalui Workshop di SMAN 9 Sijunjung

Abstract

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Fokus penilaian adalah  pencapaian standar kompetensi tiap individu atau peserta didik, sedangkan  fokus evaluasi adalah program, kelompok atau kelas. Hasil penilaian dan evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki atau menyempurnakan strategi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kinerja guru dalam dalam menyusun sistem penilaian di SMAN 9 Sijunjung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SMAN 9 Sijunjung. Berdasarkan hasil analisis pada masing masing siklus menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Kinerja Guru dalam menyusun sistem penilaian yakni: peningkatan banyaknya Guru yang mampu menyusun sistem penilaian  dari siklus I ke siklus II. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Workshop dapat meningkatkan Kinerja Guru dalam menyusun sistem penilaian  pada SMA N 9 Sijunjung.