ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATION DAN INFORMATION REASERCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD/MI

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran disekolah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif merupakan upaya kontekstual yang dilakukan oleh guru dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kenyataan yang dialami oleh peserta didik. Pada pembelajaran materi IPA di SD/MI mesti harus menggunakan strategi dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat mempermudah guru dalam mentransformasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran. Adapun strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran yang menyenangkan dan kontekstual adalah strategi pembelajaran Silent Demonstration dan information reaserch. Dua strategi pembelajaran ini memiliki kesesuaiannya dengan materi dan langkah-langkah pembelajaran, sehingga proses pembelajaran berlangsung efektif dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam tulisan ini dapat ditarik sebuah kesimpulan, guru harus dapat memahami bahwa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA di SD/MI tidak semua materi cocok untuk semua metode, tidak semua materi cocok untuk semua media, tidak semua pembelajaran memerlukan seluruh urutan pembelajaran, urutan kegiatan pembelajaran tergantung pada karakteristik siswa dan jenis perilaku yang ada dalam tujuan pembelajaran. Dengan demikian , dalam menentukan strategi pembelajaran diperlukan pemilihan, dan sedapat mungkin disusun berdasarkan alasan-alasan yang bersifat rasional.