ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATION DAN INFORMATION REASERCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD/MI

  • Dewi Masita IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Strategi Pembelajaran, Pelajaran IPA, SD/MI

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran disekolah dengan menggunakan
strategi pembelajaran aktif merupakan upaya kontekstual yang
dilakukan oleh guru dalam rangka menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kenyataan
yang dialami oleh peserta didik. Pada pembelajaran materi IPA di
SD/MI mesti harus menggunakan strategi dan langkah-langkah
pembelajaran yang dapat mempermudah guru dalam
mentransformasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan sesuai
dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan
tujuan pembelajaran. Adapun strategi pembelajaran yang
diterapkan dalam pembelajaran yang menyenangkan dan
kontekstual adalah strategi pembelajaran Silent Demonstration
dan information reaserch. Dua strategi pembelajaran ini memiliki
kesesuaiannya dengan materi dan langkah-langkah pembelajaran,
sehingga proses pembelajaran berlangsung efektif dan sesuai
dengan tujuan pembelajaran. Dalam tulisan ini dapat ditarik
sebuah kesimpulan, guru harus dapat memahami bahwa dalam
proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA di SD/MI tidak
semua materi cocok untuk semua metode, tidak semua materi
cocok untuk semua media, tidak semua pembelajaran
memerlukan seluruh urutan pembelajaran, urutan kegiatan
pembelajaran tergantung pada karakteristik siswa dan jenis
perilaku yang ada dalam tujuan pembelajaran. Dengan demikian ,
dalam menentukan strategi pembelajaran diperlukan pemilihan,
dan sedapat mungkin disusun berdasarkan alasan-alasan yang
bersifat rasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dewi Masita, IAI Muhammadiyah Bima

Jurnal Prodi PGMI 

Published
2019-06-30
How to Cite
Masita, D. (2019, June 30). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATION DAN INFORMATION REASERCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD/MI. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 16-29. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i1.374
Section
Articles