PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA SISWA MELALUI KEGIATAN LITERASI DI KELAS 04 SD INPRES SANGIANG

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa Siswa Melalui Kegiatan Literasi di Kelas 04 SD Inpres sangiang Tahun Ajaran 2019/2020. Dalam proses pengajaran guru memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan bahasa guna mengoptimalkan perkembangan keterampilan bahasa siswa. Namun sangat disayangkan kemampuan bahasa anak Indonesia masih sangat rendah, siswa di kelas tinggi khususnya di kelas 04 memiliki berbagai keanekaragaman dalam keterampilan bahasa. Faktor ini dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang siswa, minimnya perbendaharaan kata pada siswa prasekolah, penggunaan dua bahasa di lingkungan keluarga, terbatasnya kemampuan siswa kelas 04 dalam memahami konteks bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkahlangkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 3 orang yakni guru kelas, guru kelas dan guru perpustakaan. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas 04 sudah menjalankan perannya sebagai fasilitator, demonstrator, motivator, pengelola kelas, dan evaluator dengan optimal melalui kegiatan literasi diantaranya adalah kegiatan pojok membaca, dan kunjungan perpustakaan untuk mengembangkan keterampilan bahasa siswa. Dan siswa kelas 04 SD inpres sangiang secara umum sudah menunjukkan perkembangan keterampilan bahasa yang baik, dapat dilihat dari daftar ceklis yang di buat oleh guru.