PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA SISWA MELALUI KEGIATAN LITERASI DI KELAS 04 SD INPRES SANGIANG

  • Rahni Rahni Prodi PGMI Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima
Keywords: Peran Guru, Keterampilan Bahasa, Literasi

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Guru dalam Mengembangkan
Keterampilan Bahasa Siswa Melalui Kegiatan Literasi di Kelas
04 SD Inpres sangiang Tahun Ajaran 2019/2020. Dalam proses
pengajaran guru memiliki peran penting dalam membentuk
keterampilan bahasa guna mengoptimalkan perkembangan
keterampilan bahasa siswa. Namun sangat disayangkan
kemampuan bahasa anak Indonesia masih sangat rendah, siswa di
kelas tinggi khususnya di kelas 04 memiliki berbagai
keanekaragaman dalam keterampilan bahasa. Faktor ini
dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang siswa, minimnya
perbendaharaan kata pada siswa prasekolah, penggunaan dua
bahasa di lingkungan keluarga, terbatasnya kemampuan siswa
kelas 04 dalam memahami konteks bacaan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkahlangkah

pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan simpulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 3
orang yakni guru kelas, guru kelas dan guru perpustakaan. Hasil
temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas 04
sudah menjalankan perannya sebagai fasilitator, demonstrator,
motivator, pengelola kelas, dan evaluator dengan optimal melalui
kegiatan literasi diantaranya adalah kegiatan pojok membaca, dan
kunjungan perpustakaan untuk mengembangkan keterampilan
bahasa siswa. Dan siswa kelas 04 SD inpres sangiang secara
umum sudah menunjukkan perkembangan keterampilan bahasa
yang baik, dapat dilihat dari daftar ceklis yang di buat oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahni Rahni, Prodi PGMI Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima

Jurnal Prodi PGMI 

Published
2020-06-30
How to Cite
Rahni, R. (2020, June 30). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA SISWA MELALUI KEGIATAN LITERASI DI KELAS 04 SD INPRES SANGIANG. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 99-112. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i1.484
Section
Articles