PENERAPAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 1 DOMPU

Abstract

Mengingat pentingnya Matematika, siswa merupakan tunas dan harapan bangsa yang sudah mestinya sejak dini dilatih untuk mengetahui dan menyukai Matematika. Namun pada kenyataannya, sekarang ini tidak sedikit siswa yang kurang berminat terhadap bidang studi Matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya fariasi penggunaan metode dan penggunaan media pembelajaran oleh guru. Dalam penelitian ini masalah yang ingin dijawab adalah bagaimana penggunaan media bangun ruang tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Dompu tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas. Dengan model sikus yang berulang dan berkelanjutan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan II siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, dan 2) Pelaksanaan tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Dompu yang berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguanaan media bangun ruang tiga dimensi pada mata pelajaran Matematika mampu peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Dilihat dari ratarata nilainya dari prasiklus sebesar 59,3, Siklus I sebesar 69,3 dan siklus II sebesat 77,5 dengan presentase ketuntasan pada prasiklus menccapai 41,6 %, silus I mencapai 66,6 %, dan Siklus II mencapai 91,6 %.