EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE STEPS INTERVIEW(TSI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADAMATERI FUNGSI DITINJAU DARIKECERDASAN MATEMATIS LOGISSISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Three Steps Interview (TSI) dengan Pendekatan Saintifik (PS) dan Pembelajaran Klasikal dengan Pendekatan Saintifik (PS)terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan multiple.Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3 danpopulasinya adalah seluruh siswa kelas 8 di SMPN Sukoharjo.Pengumpulan data digunakan instrumen tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan matematis logis. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini adalah (1)Siswa yang dikenai model TSI-PS memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa yang dikenai model Klasikal-PS. (2)Siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi memperoleh prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah (3)Pada setiap model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan matematis logis tinggi memperoleh prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah(4)Pada setiap tingkat kecerdasan matematis logis, siswa yang dikenai model TSI-PS memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa yang dikenai model Klasikal-PS.